Arsitektur

Rumpun:
Gaji Rata-Rata: 3 - 6 Juta

Meski Jurusan Arsitektur merupakan bagian dari Fakultas Teknik, di sini tidak melulu belajar tentang Teknik lho, tapi juga menggabungkan seni dan estetika.

Di sini, kamu akan mempelajari ilmu keindahan bangunan, membuat sebuah perencanaan, dan menciptakan suatu desain atau kontruksi sebuah bangunan.

Lebih dari itu, kamu juga harus bisa mempertimbangkan fungsi, lingkungan, hingga struktur bangunan.

Ketika para ahli Teknik Sipil merealisasikan pembangunan di lapangan, seorang arsitek lah yang memiliki ide dan menuangkannya dalam sebuah desain di atas kertas.

arsitektur

Mata Kuliah

Di jurusan Arsitektur, mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain adalah:

  • Arsitektur & Lingkungan
  • Teknik Komunikasi Arsitektur
  • Gambar Teknik
  • Estetika Bentuk
  • Matematika Arsitektur
  • Mekanika Teknik
  • Pencahayaan
  • Ilmu Bahan Bangunan
  • Tata Ruang
  • Kalkulus
  • Seni Rupa
  • Azas & Metoda Perancangan
  • Psikologi Arsitektur
  • Hukum Lingkungan
  • Perkembangan Arsitektur
  • Fisika Bangunan
  • Struktur & Konstruksi
  • Teknologi Bahan
  • Fotografi Arsitektur
  • Perancangan Arsitektur
  • Utilitas

Prospek Kerja Arsitektur

Prospek kerja jurusan Arsitektur antara lain adalah:

Manajer Arsitektur dan Insinyur

Gaji Rata-Rata: 8 - 15 Juta

Merupakan orang yang bertugas mengarahkan atau mengkoordinir kerjasama antara arsitek dan insinyur dalam sebuah proyek.

Tugas-tugas manajer arsitektur dan insinyur meliputi mengontrol kualitas hasil pekerjaan, mengembangkan konsep proyek, menyelesaikan kendala-kendala teknis, serta bertanggung jawab dalam kelancaran sebuah proyek.

Arsitek

Gaji Rata-Rata: 3 - 7 Juta

Merupakan orang yang bertanggung jawab dalam membuat rancangan suatu konstruksi bangunan.

Termasuk dalam membuat desain gambar, membuat perkiraan biaya, menyelaraskan desain konstruksi dengan lingkungan sekitar, tata letak, prosedur izin bangunan, serta memberikan saran atau nasihat agar bangunan aman, nyaman dan berfungsi maksimal.

Tugas arsitek meliputi membuat gambar desain bangunan, tata letak struktur bangunan, tata letak instalasi air dan listrik, serta ventilasi udara.

Pengawas dan Penyelidik Properti Pemerintah

Gaji Rata-Rata: 4 - 5 Juta

Merupakan orang yang bertugas memeriksa dan mengawasi apakah properti pemerintah (gedung, lahan, bangunan milik pemerintah) benar-benar digunakan sesuai perjanjian kontrak dan kepatuhan hukum.

Tugas-tugasnya meliputi melakukan investigasi, memeriksa laporan dan dokumen perizinan properti, memastikan kelengkapan dokumen sudah sesuai persyaratan hukum.

Manajer Konstruksi

Gaji Rata-Rata: 6 - 11 Juta

Merupakan orang yang bertanggung jawab mengarahkan dan mengkoordinir pekerjaan dalam proyek konstruksi bangunan.

Tugasnya meliputi membuat jadwal, mengawasi pekerja, membuat anggaran/budget, menangani kendala atau masalah agar memastikan proyek berjalan aman dan lancar.

Drafter Arsitektur

Gaji Rata-Rata: 3 - 5 Juta

Merupakan orang yang membuat skema atau gambar teknis mengenai konstruksi bangunan.

Tugasnya meliputi membuat gambar, merancang gambar memakai program CAD, membuat desain ruang, merancang struktur listrik dan layout bangunan, serta merancang penataan interior bangunan.

Desainer Interior

Gaji Rata-Rata: 3 - 7 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian merancang tata letak di bagian dalam sebuah gedung atau bangunan.

Desainer interior memiliki teknik dan kreativitas agar ruangan menjadi terlihat lebih indah secara visual, fungsional, dan terlihat menyenangkan bagi penghuninya.

Tugasnya meliputi membuat rancangan tata letak perabotan di dalam ruangan, menggunakan program desain 3 dimensi, membuat laporan dan mempresentasikan hasil karya desain ruangannya.

Pengawas Konstruksi dan Bangunan

Gaji Rata-Rata: 3 - 5 Juta

Merupakan orang yang bekerja secara profesional untuk mengawasi proyek konstruksi agar bisa berjalan lancar hingga selesai berdasarkan perjanjian kontrak yang disepakati.

Tugas Pengawas Konstruksi dan Bangunan adalah memeriksa struktur bangunan, menguji hasil pekerjaan konstruksi, memeriksa kondisi spesifikasi bangunan, memeriksa perizinan dan regulasi, memastikan konstruksi dibangun sesuai kepatuhan hukum dan spesifikasinya.

Ahli Peta Geografi

Gaji Rata-Rata: 3.9 - 6.4 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian atau teknik khusus dalam membuat peta.

Ahli Peta Geografi disebut juga sebagai seorang kartografer.

Tugas-tugasnya antara lain adalah melakukan survey, membuat foto udara, menganalisis foto satelit, menggambar peta dalam bentuk grafik maupun bentuk digital.

Ahli Peta Geografi juga menguasai ilmu perhitungan area, matematik, menggambar dan penampakan geografis suatu wilayah.

Operator CAD

Gaji Rata-Rata: 3 - 4 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian khusus untuk membuat rancangan gambar dengan program komputer yang bernama CAD (Computer Aided Design).

Program CAD adalah sistem komputer yang dirancang bagi keperluan arsitektur agar lebih mudah membuat desain secara digital.

Tugas utama operator CAD adalah menjalankan program CAD di komputer, membuat desain dan layout gambar konstruksi bangunan, membuat rancangan instalasi listrik, saluran air, dan sebagainya.

Gaji

Gaji seorang lulusan arsitektur di Indonesia rata-rata berkisar antara 3 - 6 Juta per bulannya.

Tentu nilai ini akan bergantung pada kemampuan, pengalaman, jabatan, atau wilayah tempat kamu bekerja.

Untuk level manajer sendiri, gajinya bisa mencapai 15 Juta, lho.

Menarik kan?

Sedangkan rata-rata gaji untuk beberapa peorfesi yang telah disebutkan di atas bisa kamu lihat di bawah nama profesinya.

Universitas

Jika kamu ingin kuliah di jurusan Arsitektur, kamu bisa mendaftar ke perguruan tinggi berikut ini:

FAQ

Apa itu Arsitektur?

Arsitektur merupakan jurusan yang mempelajari ilmu keindahan bangunan, membuat sebuah perencanaan, dan menciptakan suatu desain atau kontruksi sebuah bangunan.

Lulusan Arsitektur kerja apa?

Seorang lulusan arsitektur bisa bekerja menjadi Arsitek, Manajer Konstruksi, Operator CAD, dll. Selengkapnya bisa kamu lihat pada daftar profesi di atas.

Berapa gaji lulusan Arsitektur?

Gaji seorang lulusan arsitektur rata-rata berkisar antara 3 - 6 Juta rupiah per bulannya (untuk level awal), namun tentunya tergantung pada banyak faktor, seperti kebijakan instansi/perusahaan, pengalaman, jabatan, dll.

Mengapa harus pilih Arsitektur?

Lulusan arsitektur banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan kontraktor atau pengembang untuk merancang bangunan yang sesuai dengan permintaan klien.

Seorang lulusan arsitektur juga banyak dibutuhkan untuk mendesain rumah karena banyaknya permintaan atau kebutuhan akan hunian yang nyaman.

Di mana tempat kuliah Arsitektur?

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan arsitektur antara lain adalah UI, UB, ITB, dll. Selengkapnya bisa kamu lihat pada daftar universitas di atas.

Catatan:
  • Mata kuliah yang dipelajari mungkin bisa berbeda di tiap perguruan tinggi.
  • Gaji yang ditampilkan hanyalah perkiraan untuk level awal. Bisa bervariasi tergantung dengan kebijakan perusahaan, tren industri, atau wilayah tempat bekerja.

Dapatkan informasi terupdate tentang jurusan dan prospek kerja langsung ke Email kamu!

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.