Teknik Lingkungan

Rumpun:
Gaji Rata-Rata: 4 - 6 Juta

Di jurusan Teknik Lingkungan, mahasiswa akan belajar tentang segala permasalahan yang ada pada lingkungan, serta mencari dan menemukan solusinya.

Jurusan ini memang berakaitan dengan ilmu kesehatan, hanya saja diaplikasikan ke lingkungan.

Karena yang dipelajari pun tentang pengelolaan kesehatan lingkungan, pencemaran, pengolahan limbah, perpipaan, hukum lingkungan, system drainase, termasuk kesehatan dan keselamatan saat bekerja.

prospek kerja teknik lingkungan

Mata Kuliah

Di jurusan Teknik Lingkungan, mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain adalah:

  • Pengetahuan Struktur
  • Kesehatan Lingkungan
  • Matematika Rekayasa
  • Statistika Lingkungan
  • Mekanika Fluida
  • Pengelolaan Kualitas Air
  • Epidemiologi Lingkungan
  • Hidrologi dan Hidrogeologi
  • Mikrobiologi Lingkungan
  • Kimia Lingkungan
  • Pencemaran Tanah
  • Teknik Penyediaan Air Minum
  • Pengelolaan Persampahan
  • Laboratorium Lingkungan
  • Pengolahan Fisik & Kimia
  • Manajemen Teknik Lingkungan
  • Kebijakan dan Hukum Lingkungan
  • Pengelolaan Sumber Daya Air
  • Sewerage & Drainase Berkelanjutan
  • Pencemaran Udara
  • Infrastruktur dan Sanitasi
  • Rekayasa Lingkungan
  • Perencanaan dan Pengelolaan Proyek
  • Kesehatan Lingkungan Kerja
  • Design Teknik Lingkungan
  • Pengelolaan Limbah Industri
  • Fisika Lingkungan
  • Bangunan Air

Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Gaji Rata-Rata: 3 - 5 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian khusus di bidang kesehatan dan keselamatan lingkungan.

Tugasnya lebih banyak mengawasi dan memantau lingkungan, menganalisa sumber pencemaran lingkungan, serta melakukan uji sampel atau observasi dari tanah, udara, air, gas, laut, dan sebagainya untuk dibawa ke laboratorium.

Selanjutnya, hasil penelitian atau uji sampel akan dianalisa dan didiskusikan dengan pihak yang berkepentingan.

Ahli Konservasi Tanah dan Air

Gaji Rata-Rata: 3.8 - 6.3 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian khusus berkaitan dengan kondisi tanah dan air.

Ahli Konservasi Tanah dan Air akan bekerja sama untuk memberikan nasihat dan saran kepada para petani, pemilik tanah, peternak, atau instansi terkait agar dapat memanfaatkan lahan dengan kondisi bagus.

Tugas Ahli Konservasi Tanah dan Air antara lain melakukan monitoring kondisi tanah atau air di sekitar pembangunan proyek yang dikerjakan.

Sehingga, proyek bisa berjalan sesuai rencana dan tidak menimbulkan dampak erosi atau efek lingkungan yang negatif lainnya.

Ahli Lingkungan

Gaji Rata-Rata: 4.3 - 7 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian khusus dalam merancang, meneliti, serta mengawasi agar tidak terjadi kerusakan lingkungan.

Ahli lingkungan menguasai ilmu teknik tertentu yang meliputi bagaimana cara mengatasi pencemaran/polusi, menangani limbah pembuangan pabrik, pemugaran situs, serta menguasai teknologi dan peralatan untuk mengontrol air, udara, dan tanah.

Ahli Ekologi Industri

Gaji Rata-Rata: 4.2 - 6 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian khusus untuk mencegah kerusakan lingkungan akibat pemanfaatan industri.

Ahli Ekologi Industri memadukan ilmu teknik dan ilmu lingkungan untuk memaksimalkan pemakaian sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam hasil industri barang dan jasa.

Tugas Ahli Ekologi Industri akan lebih banyak menganalisa dan mengidentifikasi pemakaian energi maupun bahan industri agar bisa mengurangi dampak kerusakan lingkungan akibat proses produksi pabrik atau industri tersebut.

Dosen Teknik Lingkungan

Gaji Rata-Rata: 1 - 4 Juta

Merupakan orang yang mengajar atau mendidik mahasiswa perguruan tinggi mengenai ilmu lingkungan.

Meliputi bagaimana cara melestarikan sumber daya air, mengelola lingkungan untuk kehidupan manusia dengan bijak, serta menangani limbah atau pencemaran yang timbul di masyarakat.

Tugas Dosen Teknik Lingkungan adalah mengajarkan ilmu lingkungan secara praktek maupun teori, termasuk membimbing mahasiswa selama belajar di kelas dan selama pengabdian masyarakat.

Pengawas Pemenuhan Lingkungan Hidup

Gaji Rata-Rata: 4 - 5.8 Juta

Merupakan orang yang bertugas mengawasi dan memeriksa sumber pencemaran lingkungan.

Tugas Pengawas Pemenuhan Lingkungan Hidup untuk mencegah dampak kerusakan lingkungan dan melindungi masyarakat dari dampak buruk lingkungan berdasarkan peraturan pemerintah serta hukum negara.

Termasuk melakukan investigasi legalitas atau izin, pemakaian bahan kimia, pembuangan limbah pabrik, dan sebagainya.

Perencana Restorasi Lingkungan

Gaji Rata-Rata: 4 - 6.5 Juta

Merupakan orang yang bertugas memulihkan atau memperbaiki pengelolaan kondisi lingkungan tertentu berdasarkan data ilmiah dan hasil observasi yang akurat.

Tugas Perencana Restorasi Lingkungan termasuk melakukan pemantauan di lokasi proyek, meneliti kondisi tanah dan air, kemudian dari data yang dimiliki akan merancang program restorasi atau pemulihan kondisi lingkungan yang tepat.

Ahli Hidrologi

Gaji Rata-Rata: 3.6 - 7 Juta

Merupakan orang yang memiliki keahlian dalam menganalisa dan mengumpulkan data tentang iklim dan curah hujan.

Ahli Hidrologi akan melakukan diskusi dan melaporkan hasil secara akurat tentang kemungkinan iklim atau kondisi hujan yang terjadi di suatu wilayah.

Tugas Ahli Hidrologi meliputi mengumpulkan data iklim dan curah hujan, menganalisa laporan hidrologis, serta bertanggung jawab penuh terhadap hasil laporan analisanya.

Spesialis Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Hutan

Gaji Rata-Rata: 4 - 5.5 Juta

Merupakan orang yang ahli dalam mengendalikan kebakaran hutan. Termasuk memonitoring titik api serta melakukan analisa terkait lokasi lahan, ukuran serta kondisi kebakaran hutan.

Tugas Spesialis Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Hutan adalah bekerja sama dengan pihak terkait untuk meminimalisir dampak kobaran api dan mengkoordinir tim pemadam kebakaran hutan, mengamati arah angin, serta melakukan komunikasi radio dengan personilnya.

Konsultan Pertanian

Gaji Rata-Rata: 2.5 - 4 Juta

Merupakan orang yang bertugas memberikan saran dan masukan kepada petani atau pemilik lahan agar dapat memaksimalkan hasil panen pertanian.

Hasil pertanian yang dimaksud adalah tanaman padi, sayuran, buah-buahan, bunga, dan sebagainya untuk dimanfaatkan maupun diolah kembali agar bernilai ekonomis.

Tugas Konsultan Pertanian meliputi berdiskusi secara langsung maupun secara online dengan kelompok tani yang dibina, melakukan bimbingan untuk membudidayakan tanaman, pemupukan yang benar, pengendalian hama, dan konsultasi lainnya terkait lahan pertanian yang digarap oleh petani.

Gaji

Gaji seorang lulusan teknik lingkungan di Indonesia rata-rata berkisar antara 4 - 6 Juta per bulannya.

Angka ini tentu bervariasi, tergantung pada jabatan, pengalaman, serta wilayah tempat kamu bekerja.

Untuk beberapa profesi yang disebutkan di atas, rata-rata gajinya bisa kamu lihat di bawah nama profesinya.

Universitas

Jika kamu ingin kuliah di jurusan Teknik Lingkungan, kamu bisa mendaftar ke perguruan tinggi berikut ini:

FAQ

Apa itu Teknik Lingkungan?

Teknik Lingkungan adalah jurusan yang mempelajari tentang pengelolaan kesehatan lingkungan, pencemaran, pengolahan limbah, perpipaan, hukum lingkungan, sistem drainase, serta kesehatan dan keselamatan saat bekerja.

Lulusan Teknik Lingkungan kerja apa?

Seorang lulusan teknik lingkungan bisa bekerja menjadi Ahli Lingkungan, Ahli Hidrologi, Dosen, dll. Selengkapnya bisa kamu lihat pada daftar profesi di atas.

Berapa gaji lulusan Teknik Lingkungan?

Gaji seorang lulusan teknik lingkungan rata-rata berkisar antara 4 - 6 Juta rupiah per bulannya (untuk level awal), namun tentunya tergantung pada banyak faktor, seperti kebijakan instansi/perusahaan, pengalaman, jabatan, dll.

Mengapa harus pilih Teknik Lingkungan?

Dengan belajar di jurusan Teknik Lingkungan, kamu akan mendapatkan berbagai macam ilmu yang bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk masyarakat.

Selain itu, lulusan teknik lingkungan juga banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia, perkebunan, pertambangan, dsbg.

Di mana tempat kuliah Teknik Lingkungan?

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik lingkungan antara lain adalah UI, ITB, UNDIP, dll. Selengkapnya bisa kamu lihat pada daftar universitas di atas.

Catatan:
  • Mata kuliah yang dipelajari mungkin bisa berbeda di tiap perguruan tinggi.
  • Gaji yang ditampilkan hanyalah perkiraan untuk level awal. Bisa bervariasi tergantung dengan kebijakan perusahaan, tren industri, atau wilayah tempat bekerja.

Dapatkan informasi terupdate tentang jurusan dan prospek kerja langsung ke Email kamu!

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.